Sabtu, 18 Juli 2009

Review Modem GSM 3G/HSDPA Prolink PHS-100 di Alnect Computer

Alnect computer Blog Contest


Hari ini bertepatan dengan 4 bulan umur kami menggunakan modem GSM 3G/HSDPA merk Prolink model PHS-100. Kami menggunakan produk ini karena kebutuhan akan koneksi internet dimanapun, yang tidak bisa dilakukan jika kami apply koneksi internet via kabel, terutama karena area hotspot WiFi juga cukup jarang dan biasanya juga lambat karena banyaknya pemakai terutama kalo hotspot tersebut gratis. Pemilihan jaringan 3G karena hanya melalui jaringan inilah kecepatan koneksi dapat mencapai kriteria kami, dibandingkan jika menggunakan jaringan CDMA. Berikut adalah review terkait pemakaian produk tersebut dalam jaringan Telkomsel Flash Unlimited berkuota 256 kpbs.

PHS-100 adalah modem yang compact dan sangat tangguh dalam koneksi. Hampir di semua tempat dimana kami pernah berada, koneksi dapat terjalin dengan baik. Jika tidak bisa melakukan koneksi dalam HSDPA, maka koneksi secara WCDMA pun dapat memberikan kecepatan koneksi yang baik, bahkan di area tertentu, karena ketiadaan jaringan 3G, maka dalam jaringan GPRS pun, modem ini memberikan koneksi yang baik dan tidak mudah putus.


Kehebatan status koneksi ini, karena setting koneksi modem ini memang tidak didefault ke auto atau kombo (koneksi di dua frekuensi berbeda), namun pasti diset ke 3G only atau 2G only. Perlu diketahui bahwa setting koneksi sistem "only" akan memperkuat kemampuan koneksi, karena modem akan berusaha memperkuat sinyal, sebelum benar-benar putus karena lemahnya sinyal. Dan modem ini kami nilai mencukupi untuk kemampuan penguatan sinyal, sehingga dengan sinyal 1 strip pun, koneksi internet tetap lancar.


Pilihan frekuensi jaringan disediakan cukup banyak oleh modem ini, mulai dari
  1. 2G 850
  2. 2G 900
  3. 2G 1800
  4. 2G 850/1900
  5. 2G 900/1800
  6. 3G 2100
  7. 3G 850/1900
  8. kombo 3G 2100-2G 900/1800
  9. kombo 3G 850/1900-2G 850/1900
  10. Auto
  11. All GSM
sehingga semua jaringan yang dimiliki oleh penyedia jaringan selular di dunia dapat dilayani modem imut ini. Sehingga modem ini pasti tidak akan mempersulit mereka yang suka bepergian ke luar negeri.



Dalam paket modem PHS-100, disediakan pula kabel extention USB sepanjang kurang lebih 30 cm. Meskipun modem dapat dicolokkan langsung ke port USB, namun pemakaian kabel USB akan sangat memperkuat sinyal. Jadi kabel USB menjadi semacam antena luar untuk modem ini. Selalu gunakan kabel di lokasi-lokasi yang memiliki sinyal lemah. Dan tampaknya kabel ini tidak bisa diganti dengan kabel USB sembarangan, karena pemakaian kabel extention USB lain, justru akan memperlemah sinyal. Kami sudah mencobanya beberapa kali, karena pada awalnya kami tidak yakin akan perlunya kabel pendek yang kami sempat nilai membuat ribet. Namun kekuatan PHS-100 tampaknya ada di kabel extention USB tersebut. Jadi jangan sampai kehilangan kabel tersebut.


Modem ini hanya dapat digunakan di Windows, karena driver yang disediakan memang hanya untuk Windows. Dengan prinsip plug and play, maka secara otomatis driver modem yang sudah ditanam di dalam chipset modem, akan diinstall jika driver belum pernah diinstall dalam OS. Bila driver sudah ditanamkan dalam OS, maka prinsip plug and play akan secara otomatis menghidupkan modem dan mengaktifkan program Modem Manager, sehingga user dengan mudah dapat melakukan koneksi internet dengan cepat.


Kelebihan yang dimiliki modem ini adalah driver yang tertanam di chipset, bersifat read-only. Artinya driver modem tidak akan mungkin tertular virus. Jika modem tidak rusak, maka driver modem dijamin akan aman. Hal itulah yang menyebabkan dalam paket penjualan modem ini, tidak disertakan CD instalasi sebagaimana lazimnya perangkat keras dipaketkan. Inilah fitur yang paling berbeda dari modem 3G lain. Modem lain menyimpan drivernya dalam rupa flashdisk, sehingga sangat rawan terkena virus, dan rawan terhapus atau terformat secara tidak sengaja.


Kelebihan lain lagi adalah Prolink sebagai vendor modem ini, menyediakan garansi 1 tahun, sehingga pemakai sangat terlindungi. Dan jika anda membeli modem ini dari Alnect Computer, lewat tautan berikut (klik disini), maka anda, calon pembeli modem PHS-100, akan mendapatkan tambahan garansi selama 30 hari dari Alnect, sehingga anda benar-benar akan terlindungi dari kerugian karena mendapat modem yang rusak.


Bentuknya yang manis, berwarna hitam dengan pinggir oranye menjadi modem PHS-100 ini adalah pilihan tepat bagi para internet-goers. Apalagi harga yang ditawarkan, terutama oleh Alnect Computer, juga terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar